Tugas Sekolah, Artikel Pendidikan, Mata Pelajaran PKn, Bahasa Indonesia, IPA, Matematika, Bahasa Inggris, IPS, Sejarah, Geografi, Penjaskes, Bahasa Jawa, Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa Inggris, Tata Boga, PR Pekerjaan Rumah, LKS Lembar Kerja Siswa

Wednesday, May 14, 2014

Sebutkan Contoh Hewan di Indonesia Bagian barat!

Sebutkan Contoh Hewan di Indonesia Bagian barat! - Indonesia merupakan negara yang sangat kaya akan flora dan faunanya. Keanekaragaman flora dan fauna Indonesia tersebar di seluruh wilayah Indonesia, yang terbentang dari barat hingga timur. Setiap wilayan memiliki keanekaragaman yang berbeda-beda, memiliki ciri khas yang berbeda pula. Setiap pulau memiliki kekhasan faunanya sendiri-sendiri.

Hewan atau Fauna yang berada pada wilayah Indonesia bagian Barat adalah hewan atau fauna-fauna yang terdapat di Pulau:
  1. Sumatra
  2. Kalimantan
  3. Jawa
  4. pulau-pulau kecil di sekitarnya
Dahulu pulau-pulau tersebut merupakan satu daratan dengan Semenanjung Malaka (Benua Asia), sehingga flora dan faunanya dapat berkembang dan berpencar secara bebas. Ketika Sumatra, Kalimantan, dan Jawa terpisah dari Benua Asia, maka masing-masing daerah tersebut membawa perwakilan jenis flora dan fauna yang sama.

Oleh karena itu, jenis fauna di wilayah Indonesia bagian Barat disebut juga dengan jenis fauna Asiatis. Beberapa ciri fauna Asiatis, antara lain, banyak dijumpai mamalia ukuran besar, banyak dijumpai berbagai jenis kera dan jenis ikan air tawar, akan tetapi sedikit jenis burung berwarna. Beberapa jenis fauna endemik di wilayah Indonesia bagian Barat, antara lain, badak bercula satu, burung merak, jalak bali, dan orang utan.

Contoh hewan-hewan atau fauna yang hidup di wilayah Indonesia bagian barat antara lain:
  1. burung merak
  2. harimau
  3. gajah
  4. burung enggang (hornbill)
  5. orang utan
  6. jalak bali
  7. babon
  8. tapir
  9. badak bercula satu

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Orang desa yang ingin berbagi informasi, misalnya pemanfaatan pekarangan untuk menanam warung hidup secara organik

Related : Sebutkan Contoh Hewan di Indonesia Bagian barat!

Terima kasih sudah membaca blog tugas sekolah SD SMP SMA SMK, silahkan tinggalkan komentar